5 tips membeli rumah second

Terkadang jika kita ingin membeli rumah second ( rumah yang sudah pernah ditempati ), kita harus mengetahui beberapa hal yang harus diperhatikan. Ada 5 tips dalam membeli rumah second. Berikut adalah tips-tipsnya.

1. Pastikan anda membeli rumah pada agent properti yang tepat.

Agent properti bisa mempermudah kita untuk membeli rumah, mencari rumah, dan kita tidak usah bingung untuk mengurus dokumen-dokumen rumah tersebut. Karena kita akan dibantu oleh agent tersebut.

2. Tanyakan usia rumah

Biasanya rumah semakin tua, semakin rapuh. Bandingkan saja rumah yang dibangun tahun ini dengan rumah yang dibangun 5 tahun yang lalu dengan spesifikasi yang sama. Pasti anda memilih rumah yang dibangun tahun ini.

3. Periksa fisik rumah

Coba periksa fisik rumah mulai plavon, tembok, kusen, pipa air, kabel-kabel listrik, dll. Jika fisik rumah tersebut rusaknya tidak terlalu parah, maka hal tersebut tidak menjadi masalah. Tetapi jika rusaknya terlalu parah dan butuh pengeluaran banyak, maka hal tersebut perlu dipertimbangkan.

4. Tanyakan dokumen-dokumen rumah

Dokumen-dokumen sebuah rumah terdiri dari banyak dokumen penting. Tanyakan pada agent tersebut, apakah dokumennya lengkap. Karena dokumen tersebut sangat penting untuk kepemilikan rumah tersebut.

5. Periksa ruangan yang ada di dalam rumah

Yang terakhir, periksa juga ruangan yang ada di dalam rumah. Kamar tidur, kamar mandi, dapur, kamar pembantu, dan lain sebagainya sebaiknya dilihat jumlahnya ada berapa. Apakah sudah mencukupi atau belum.

Demikian tips-tips membeli rumah second supaya kita tidak salah memilih rumah yang akan kita beli. Untuk selanjutnya, selamat mencari rumah second.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *